Memasang Roller pada motor Matik yang Benar

   Roller merupakan salah satu komponen penting yang menyalurkan tenaga mesin pada roda belakang motor matic. Fungsi roller pada CVT  yakni untuk membantu mengatur putaran mesin rendah ke tinggi.

   Roller memiliki masa pakai dan bisa aus seiring pemakaian, roller perlu diganti dalam waktu tertentu.

Roller yang aus diakibatkan karena adanya bagian atau sisi roller lain yang memiliki gaya gesek lebih tinggi dibandingkan sisi lainnya.biasanya roller akan aus atau tidak rata. Bahkan roller juga bisa jebol jika sudah terlalu lama tidak diganti. Sebaiknya melakukan pengecekan atau penggantian secara berkala pada roller.

Contoh gambar roller yang gepeng

   Pemasangan roller yang salah masih banyak ditemui saat proses penggantian roller di bengkel-bengkel ataupun ketika melakukan penggantian roller sendiri. Pemasangan roller yang keliru mengakibatkan pinggir rumah roller akan aus, cekung, jebol atau roller keluar dari rumah roller sehingga menyebabkan bunyi yang kurang nyaman pada motor.

   Untuk Keluaran Honda, cara Pemasangan Untuk versi Yamaha memiliki sisi kanan dan sisi kiri yang sama, pemasangan bolak-balik ini berlaku pada roller keluaran Yamaha. Sehingga pemasangan secara bolak-balik tidak berpengaruh.  Mulai dari Yamaha Mio sampai Nmax memiliki roller yang hampir sama. Untuk roller versi racing juga memiliki roller yang  sama seperti yamaha.

Dan jika motor matik kalian ingin memiliki tarikan yang enteng, maka pakailah roller dengan ukuran yang lebih enteng/kecil dari ukuran yang standar bawaan.

     ~Selamat mencoba~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengganti v belt mio sendiri dirumah

cara menyeting karburator yang benar